NONTONNEWS.COM - Meta resmi mengumumkan pengujian awal untuk iklan di platform Threads, meskipun aplikasi ini belum mencapai target satu miliar pengguna. Uji coba ini akan melibatkan sejumlah pengguna dan merek di Amerika Serikat serta Jepang.
Penjelasan Meta tentang Peluncuran Iklan di Threads
Menurut Meta, “Mulai hari ini, sejumlah kecil pengiklan akan menguji iklan di Threads untuk membantu kampanye menjangkau komunitas Threads yang terus berkembang. Bisnis dapat memperluas kampanye iklan Meta mereka ke Threads tanpa memerlukan materi kreatif khusus atau sumber daya tambahan, cukup dengan mencentang kotak di Ads Manager. Hal ini memungkinkan bisnis menjangkau lebih banyak orang di lebih banyak tempat dalam keluarga aplikasi Meta, serta meningkatkan hasil iklan.”
Langkah ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan. Meski awalnya Meta menyatakan bahwa iklan tidak akan diluncurkan di Threads sebelum mencapai satu miliar pengguna, format iklan awal telah terdeteksi dalam pengujian sejak Agustus tahun lalu. Beberapa pengiklan juga melaporkan bahwa Threads muncul sebagai opsi penempatan di Ads Manager. Dengan Threads kini memiliki 300 juta pengguna aktif bulanan, peluncuran iklan tampaknya memang hanya soal waktu.
Pengaruh Iklan pada Pengalaman Pengguna
Walau sebagian pengguna mungkin merasa peluncuran ini terlalu cepat, iklan di platform sosial telah menjadi bagian yang umum dalam pengalaman online modern. Meta, melalui Kepala Threads Adam Mosseri, menyatakan akan memantau pengujian ini secara ketat sebelum memperluasnya ke lebih banyak wilayah. Ia juga berharap iklan di Threads bisa semenarik konten organik.
“Kami akan memantau pengujian ini secara seksama sebelum memperluasnya lebih luas, dengan tujuan menjadikan iklan di Threads sebaik konten organik,” ujar Mosseri.
Namun, pengguna tetap akan diberikan kontrol atas iklan yang mereka lihat di aplikasi. Selain itu, Meta juga memperkenalkan filter inventaris iklan di Threads, memungkinkan pengiklan mengatur tingkat sensitivitas konten organik yang muncul di sekitar iklan mereka.
Kemudahan bagi Pengiklan
Bagi pengiklan, iklan di Threads akan didukung oleh sistem iklan Meta yang telah terbukti. Prosesnya pun sederhana, cukup mencentang opsi Threads di Ads Manager untuk memperluas kampanye iklan yang sudah berjalan di Facebook atau Instagram.
Persaingan dengan X (Twitter)
Threads yang kini dianggap sebagai pesaing utama X (sebelumnya Twitter) di kategori aplikasi sosial real-time, diprediksi akan menarik minat banyak merek untuk beriklan. Dengan Meta juga berkomitmen menggelontorkan $65 miliar untuk proyek AI tahun ini, peluncuran iklan di Threads dapat menjadi sumber pendapatan penting.
Langkah ini menunjukkan bagaimana Threads berkembang sebagai bagian dari ekosistem Meta yang lebih besar, sekaligus menjadi peluang baru bagi pengiklan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.